Pengertian hasil belajar

Berikut akan penulis tuangkan konsep – konsep dan kajian pustaka yang ada hubungannya dengan variabel yang diteliti, dengan harapan dapat membantu dalam pemahaman variabel dan kaitannya dengan langkah – langkah penelitian yang akan dilakukan. Uraian ini tidak secara langsung berkaitan langsung dengan variabel, tetapi secara teoritis dapat membantu suatu alur pemikiran ilmiah tentang makna kajian pustaka

Belajar menurut Sardiman (2000) :

Belajar adalah merupakan proses kegiatan untuk mengubah tingkah laku si subyek mengajar, ternyata banyak faktor yang mempengaruhi. Dan sekian banyak faktor yang berpengaruh itu secara garis besar dapat dibagi dalam klasifikasi faktor intern dan faktor ekstern diri si subyek belajar.

Belajar bukan suatu tujuan tetapi merupakan suatu proses untuk mencapai tujuan dan belajar merupakan langkah-langkah atau prosedur yang ditempuh. Pengalaman diperoleh berkat interaksi antara individu dengan lingkungan

Menurut Indra dalam situsnya (2009 ) menjelaskan Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya.

Menurut Dimyati dan Mudjiono,( 1999 : 250 – 251 ) menyatakan bahwa “ Hasil belajar merupakan hal yang dapat dipandang dari dua sisi yaitu sisi siswa dan dari sisi guru. Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan tingkat perkembangan mental yang lebih baik bila dibandingkan pada saat sebelum belajar ”.

Menurut Munawar (2009), bahwa “hasil belajar merupakan tingkat perkembangan mental yang lebih baik bila dibandingkan pada saat sebelumnya”.      Sedangkan menurut Wakhinuddin (2009) “hasil belajar merupakan segala sesuatu yang diperoleh, dikuasai atau merupakan hasil proses belajar mengajar”. Menurut Ahmadi (108: 21) menyatakan bahwa “Hasil belajar adalah hasil yang telah dicapai dalam usaha belajar, sedangkan belajar merupakan usaha mengadakan perubahan untuk mencapai tujuan.”

Berdasarkan pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar     adalah suatu hasil yang diperoleh siswa setelah siswa memperoleh pengalaman belajar yang diwujudkan dalam bentuk nilai dan juga perbuatan.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar

Belajar merupakan sebagai suatu aktivitas mental atau psikis yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Menurut Wakhinudin (2009) faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah:

1)      Faktor internal (faktor dalam diri siswa), yaitu keadaan atau kondisi jasmani (fisiologis) dan rohani (psikologis) seperti tingkat kecerdasan atau intelegensi, sikap, bakat, minat dan motivasi.

2)      Faktor eksternal (faktor luar diri siswa), yaitu kondisi lingkungan disekitar diri   siswa yang terdiri dari dua macam yakni faktor lingkungan sosial dan lingkungan non sosial.

3)      Faktor pendekatan belajar (approach to learning), yaitu jenis upaya belajar yang meliputi strategi dan metode yang digunakan untuk melakukan kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan pendapat di atas, untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlu mengoptimalkan faktor-faktor yang mempengaruhinya, salah satunya dengan memberikan media dalam pembelajaran. Dengan media handout diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Informasi baru mungkin merupakan tambahan atau yang bertentangan dengan informasi yang telah dimilikinya. Transformasi pengetahuan digunakan lebih lanjut melalui intrapolasi dan ekstrapolasi atau mengubahnya dalam bentuk lain. Pengkajian pengetahuan adalah menilai kembali ketepatan dan kelengkapan cara memanipulasi informasi yang telah digunakannya. Dan untuk pengkajian kembali tentunya menggunakan sumber belajar yang dapat digunakan secara mandiri dan dapat digunakan kapan saja serta dimana saja. Misalnya menggunakan bahan ajar atau modul dan media lainnya yang dapat diakses dengan mudah. Dalam proses penyesuaian diri dengan kondisi-kondisi di sekitar, kita dapat memanfaatkan apa yang  ada sebagai sumber belajar dengan berpikir kreatif dan inovatif.

Posted on 15 Mei 2011, in Liat Kategori Blog. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: